Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

QS Al Ankabut: 45.
 
ٱتۡلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيۡكَ مِنَ ٱلۡكِتَـٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ‌ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِ‌ۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَڪۡبَرُ‌ۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ (٤٥)
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Sholat merupakan ibadah mahdah utama yang  sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan ibdah ini menjadi parameter kesuksesan seorang muslim di akhirat kelak. Apabila sholatnya baik, baiklah semua amalnya dan sebaliknya. Namun, keluarbiasaan ibadah sholat tidak hanya sebatas pahala di akhirat saja, tetapi  gerakan sholat memiliki peranan yang sangat baik dalam dunia kesehatan. Bahkan dalam sudut medis sholat merupakan obat dari semua jenis penyakit.
Sungguh Allah Sang Maha Tahu apa yang dibutuhkan dari ciptaannya, khususnya manusia. Semua perintah-Nya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi benar-benar mempunyai manfaat yang tidak diragukan lagi. Puasa menjadi salah satu contoh lain yang memiliki manfaat pada tubuh.
Dalam sholat terdapat berbagai macam gerakan yang masing-masing sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Takbiratul Ihram
Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau bagian dada bagian bawah memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfa dan kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kedua tangan yang melipat pada perut menghindarkan dari berbagai gangguan persendiaan, khususnya pada tubuh bagian atas
Ruku’
Meletakkan kedua telapak tangan diatas kedua lutut sehingga belakang atau punggung dan kepala terletak dalam satu garis lurus. Gerakan ini harus benar diperhatikan dan dilakukan secara kusyu’ yang akan menyebabkan kondidi tulang baik, ruas tulang belakang tetap lembut, lentur serta melekat ruas – ruas yang palsu yang telah terjadi sehingga wanita akan mempermudah proses melahirkan. Otot kerudung, Otot belah ketupat dapat berkontraksi sama rata jauh dari penyakit keluarnya zat telur didalam air kemih.
I’tidal
Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelahnya, mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal adalah variasi postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Pada posisi ini organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya pencernaan menjadi lancar
Sujud
Jari-jari kedua tangan dan kaki serta kedua lutut dan dahi menempel pada lantai sehingga peredaran darah dan limfa menjadi lancar dalam anggota badan, membantu pekerjaan jantung dan menghindari mengerutnya dinding pembuluh darah. Menghasilkan energi panas dalam pencernaan yang diperlukan tubuh, melancarka aliran darah. Sikap sujud menjadikan otot lebih besar dan kuat sehingga rongga dada bertambah besar, paru-paru berkembang baik dan dapat menghisap udara bersih masuk. Hal yang tidak kalah luar biasa adalah aliran darah yang mengalir ke otak sangat baik
Duduk Tahiyat
Ada dua macam yaitu tahhiyat awal dan tahhiyat akhir. Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tahhiyat akhir sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria atau prostat dan saluran vas deferens. Variasi posisi telapak kaki menyebabkan seluruh oto tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali
Salam
Gerakan kepala yang diputar kekanan dan kekiri secara maksimal, mampu merelaksasikan otot sekita leher dan kepala yang akan menyempurnakan aliran darah di kepala.
Nah itu semua adalah manfaat dari sisi fisik dan fisiologis, ternyata sholat juga dapat menenangkan hati, mengangkat derajad, dan momen sedekat-dekatya Alloh ta’ala. Udah sholat, Bro? Sis?
Sumber: hxxp://gi-healthy.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s