Peran Bifidobacterium pada Bayi

Secara awam keberadaan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus cenderung mendapat citra negatif. Sangat wajar karena kecenderungan bakteri sering menjadi penyebab penyakit. Namun, tidak
semua bakteri itu ”jahat”, ada juga yang ”baik” seperti bakteri Bifidobacterium bagi bayi.

Bifidobacterium

Bifidobacterium adalah bakteri yang umumnya hidup di dalam usus, di bagian bawah usus halus dan seluruh bagian usus besar pada bayi. Bakteri ini berbentuk batang, sering digunakan sebagai probiotik dalam bentuk susu atau yoghurt. Secara umum, keberadaan bakteri Bifidobacterium sangat menguntungkan bagi bayi yang belum memiliki kekebalan tubuh sekuat orang dewasa dalam melawan bakteri patogen.

 

Namun, setiap bayi memiliki perbedaan jumlah bakteri Bifidobacterium. Jika jumlahnya sedikit akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Salah satu faktor penyebab perbedaan itu terdapat pada proses lahir bayi, apakah melalui operasi caesar atau tidak. Hal ini dikarenakan Bifidobacterium juga terdapat di dalam vagina orang dewasa. Oleh karena itu, jika bayi lahir secara normal maka lebih besar peluang bayi memiliki cukup Bifidobacterium. Sementara pada bayi lahir dengan operasi caesar yang jalan lahirnya tidak melalui vagina, berarti bayi berisiko memiliki jumlah Bifidobacterium lebih sedikit.

Bifidobacteriumberfungsi dalam pembentukkan asam laktat dan asam asetat, sebagai probiotik, baik untuk kesehatan tulang dan menghasilkan beberapa vitamin B kompleks. Bakteri ini juga dapat hidup dalam situasi tanpa oksigen dan lingkungan asam sehingga mampu melawan beberapa bakteri patogen yang juga hidup secara anaerob (tanpa oksigen). Jadi, keberadaan Bifidobacterium sangatlah penting bagi seorang bayi dengan antibodi yang masih belum maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s