Glossarium Istilah Hereditas dan Genetika

Barangkali ada di antara Anda yang ingin memahami istilah genetika atau hereditas ketika sedang memelajari Bab atau topik tersebut. Berikut adalah link download kumpulan istilah (glosarium) genetika dan hereditas yang dapat diunduh dan dimanfaatkan untuk belajar

Contoh glossarium hereditas dan genetika sebagai ada di bawah ini.

                       A

  1. Alel Ganda          seri alel dalam lokus yang serupa dari kromosm homolog pada ras yang berkerabat.
  2. Alel                         satu diantara bentuk alternative gen tertentu pada lokus kromosom yang sama, berbeda dengan urutan DNA-nya tetapi mempengaruhi fungsi yang sama.
  3. Amolar                 Penyakit yang menyebabkan seseorang tiidak mempunyai  geraham belakang.
  4. Aneuploid                    keadaan bila jumlah kromosom suatu individu tidak merupakan kelipatan tepat perangkat haploid jenisnya atau angka dasar genomnya.
  5. Anodontia                   kelainan pada manusia yang dialami wanita atau laki-laki yang menyebabkan penderitanya tidak mempunyai gigi.
  6. Anonychia                   kelainan pada sebagian jari, sehingga jari tidak terdapat kuku.Kelainan ini disebabkan oleh gen dominan Ac,sedangkan alelnya ac tidak menimbulkan kelainan ( normal ).
  7. Anti kodon                  urutan tiga nukleotida pada tRNA yang dalam proses sintesis protein mengikatkan diri pada kodon tertentu pada mRNA dengan cara berpasangan pada basa komplementer.
  8. Antigen                       :senyawa protein atau karbohidrat (seperti enzim atau toksin) yang merangsang terbentuknya antibody bila diinjeksikan kedalam tubuh ; antigen dan antibodi biasanya bersifat sanagt spesifik.
  9. Asam amino esensial  asam amino yang diperlukan makhluk untuk pertumbuhan dan fungsi normal, tetapi tak dapat disintesis oleh makhluk itu sendiri sehingga haru diperoleh melalui konsumsi.
  10. Asam amino non-esensial  asam amino yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh mahluk,sehingga tidak diperoleh melalui konsumsi.
  11. Asam Nukleat             molekul berantai panjang yang tersusun atas nukleotida dan terdapat dalam mahluk hidup.
  12. Atavisme                     :interaksi dari beberapa gen yang menyebabkan munculnya suatu sifat yang berbeda dengan karakter induknya.
  13. Autosom                      :kromosom tubuh ; kromosom diluar kromosom seks.

Glosarium istilah-istlah genetika dan hereditas selengkapnya dapat didownload melalui

link ini

2 responses to “Glossarium Istilah Hereditas dan Genetika

  1. saya ingin bertanya, bagaimana agar kita dapat memahami biologi, dan dapat mempelajarinya dengan cepat

    • Pertama, senangi dulu pelajaran ini. Bagaimana cara menyenangi? Cari sebanyak-banyaknya AMBAK –> Apa aManfaatnya bagiku. Artinya cari manfaat ilmu biologi untukmu. Misalnya, degan belajar biologi aku jadi tahu kenapa aku berdebar2 lebih kencang jika bertemu orang yang membuatku tertarik dll. Insya Alloh akan muncul semangat belajatr. Kalau belajar dengan cepat, ah…tidak ada yang instan di dunia ini, kecuali akan segera gugur dan hilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s