Sepuluh Tanaman Mempesona di Bumi

 

Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. (QS Al A’raaf:58)

1.Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia
(Welwitschia mirabilis)
   Sumber-gambar: www.bahujung.blogspot.com  Tumbuhan asli Namibia ini hanya mempunyai dua daun, satu batang, dan sistem akar. Kedua daun ini
terus mengalami pertumbuhan. Batang tanaman ini semakin lama akan semakin tebal, tetapi tidak bertambah tinggi. Tinggi maksimum tumbuhan ini hanya 2 meter, tetapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad. Welwitschia mirabilis bisa hidup tanpa hujan selama lima tahun. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut  Onyanga  ini ternyata enak dimakan, baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara api. Arti nama  Onyanga yaitu bawang padang pasir.

2.Tanaman Karnivora
Venus (Dionaea muscipula) 
                                                    

Tanaman satu ini merupakan  tanaman karnivora paling terkenal karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki pasangan daun yang berfungsi sebagai perangkap serangga-serangga kecil. Pasangan daun ini memiliki rambut yang ultrasensitif sehingga dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh maka daun akan mengatup dan memerangkap hewan apa pun yang mendekatinya.

 

3.Bunga Terbesar di Dunia
Rafflesia arnoldii

Sumber-gambar: www.alamendah.wordpress.com

Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Ukuran bunganya dapat mencapai 1 meter dengan berat mencapai 8 kg sampai 12 kg. Bunga ini dapat mekar selama tiga hari sampai satu minggu. Sayangnya, dari hasil penyerbukan tersebut hanya 10–20 persen saja yang berhasil tumbuh.

 

4.Tanaman  Baseball
Euphorbia obesa

 

Tanaman ini merupakan tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Oleh karena bentuknya  yang lucu mirip baseball, banyak penggemar tanaman mengambil tanaman ini dan mengoleksinya. Akibatnya, populasi tanaman ini semakin berkurang. Oleh karena itu, tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afrika Selatan.

 

5.Bunga Bangkai
Amorphophallus titanum

Titan-arum1web.jpg
Bunga yang satu ini berukuran besar dan tinggi, bahkan lebih tinggi dari manusia. Ketinggian bunga bangkai dapat mencapai 3 meter. Bunga ini mendapat julukan bunga bangkai karena mengeluarkan bau dan memiliki warna mirip bangkai yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat
dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

6.Pohon Botol
Baobab

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika, dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol karena selain bentuknya memang mirip botol, ternyata pohon ini dapat menyimpan sampai dengan 300 liter air dan bisa tumbuh sampai 500 tahun.

 

7.Pohon Darah Naga
Dracaena cinnabari


sumber: myhourney.ru

Dracaena cinnabari merupakan tanaman asli Kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama pohon darah naga atau pohon naga socotra. Salah satu keunikan pohon ini adalah memiliki bentuk seperti
payung. Nama darah naga dari pohon ini diambil dari getahnya yang berwarna merah. Getah dari pohon ini berguna untuk pengobatan dan  sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

8.Tanaman Kebangkitan
Selaginella lepidophylla

sumber: elicriso.it

Nama lain bunga ini adalah bunga jericho. Tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan hidup bahkan pada saat kekeringan. Pada saat musim kering, batangnya akan mengerut dan
menggulung menjadi bola. Setelah ada air, batang tanaman tersebut akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di Gurun Chihuahua.

9.Pohon Dinamit
Hura brasiliensis

Sumber: styledweller.blogspot.com
Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Tanaman ini mendapat julukan pohon neraka atau pohon kotak pasir (sandbox tree ). Batangnya ditutupi duri tajam dan getah pohon ini ternyata beracun. Getahnya sering  digunakan oleh penduduk setempat untuk dioleskan
pada mata panah. Dengan demikian, mata panah mengandung racun sehingga dapat digunakan untuk membunuh hewan buruan. Tanaman ini menghasilkan buah. Buah yang sudah matang ini akan meledak dengan kekuatan ledakan yang dapat melukai manusia dan hewan yang lewat di dekat pohon ini. Oleh karena kekuatannya ini,  Hura brasiliensis diberi nama pohon dinamit.

10.Tanaman Menari
Desmodium gyrans

Darwin menamai tumbuhan ini Hedysarum dan para ahli botani menyebutnya Desmodium gyrans atau Codariocalyx motorius. Nama yang biasa dikenal adalah rumput menari ( dancing grass) atau tanaman semaphore (semaphore plant) karena gerakan daunnya yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini mudah sekali tumbuh karena hanya membutuhkan cahaya matahari dan air saja tanpa perlu diberikan pupuk.

                     ***

Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (QS Az Zumar: 21)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s