Konsep Evolusi di Tingkat Sekolah

Arti evolusi menurut ahli biologi adalah perubahan makhluk hidup, artinya spesies tanaman dan hewan yang hidup saat ini bukan merupakan spesies yang pertama kali. Hal ini diketahui dari bekas atau peninggalannya, yaitu yang berupa fosil. Fosil menunjukkan pada kita bahwa beberapa jenis hewan, misalnya dinosaurus telah lenyap sama sekali. Dengan kata lain organisme telah banyak berubah sejak kehidupan dimulai.

Evolusi disamping dipelajari sebagai ilmu murai yang berdiri sendiri, juga berintegrasi dengan berbagai ilmu lain. Kontribusi ilmu-ilmu lain kedalam ilmu evolusi menyebabkan evolusi berkembang dengan pesat, serta didukung dengan teknologi modern yang mampu mengungkap misteri evolusi sehingga ilmu evolusi bersifat tak terbatas.

Sebagai materi pelajaran, maka perlu adanya organisasi konsep-konsep evolusi untuk memudahkan subyek didik dalam mempelajari mater-materi evolusi. Model organisasi materi yang dapat digunakan, antara lain adalah organisasi materi menurut kurikulum IPA/Biologi 1994 dan suplemen 1999, Kurikulum berbasis kompetensi, BSCS dan materi evolusi yang tersusun sebagai peta konsep dalam exploring life. 1. Materi Evolusi dalam GBPP IPA/Biologi 1994
Sebagai materi pelajaran, evolusi mulai diberikan pada siswa ditingkat SMU, namun materi dasar yang berkaitan dengan evolusi sudah mulai dipelajari sejak SD kelas 5, materi tersebut yaitu Keanekaragaman makhluk hidup dan adaptasi.
Adapun materi evolusi yang terdapat dalam GBPP IPA/Biologi kurikulum 1994 adalah sebagai berikut:
SD
a. Makhluk hidup berkemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam usaha mempertahankan hidupnya.
SLIP
a. Keanekaragaman makhluk hidup tampak dari adanya perbedaan bentuk, ukuran, struktur, warna, fungsi oagan-organ, dan habitatnya. 1. Keanekaragaman makhluk hidup terjadi, antara lain, karena proses evolusi-adaptasi.
a) Mengamati keanekaragaman individu dalam satu jenis (misalnya keragaman    siswa   dalam    satu    kelas),    kemudian    membahas
b) Mendiskusikan peranan penting lingkungan dalam penganekaragaman makhluk hidup karena makhluk hidup selalu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
c) Membahas tentang beberapa teori evolusi-adaptasi (Darwin-Larmark).
d) Membandingkan hewan dan tumbuhan masa lalu dengan makhluk hidup masa sekarang akibat proses evolusi-adaptasi.
SMU
a. Evolusi menjelaskan perubahan makhluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu lama, dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks.
Fenomena evolusi menjelaskan perubahan ciri makhluk hidup karena seleksi alam dan bersifat menurun.
a) Ditunjukkan beberapa spesies tertentu dimasa silam yang telah musnah dan kemiripannya dengan spesies dimasa sekarang.
b) Dijelaskan pengertian evolusi, perkembangan teori evolusi (Larmark-Darwin-Wallace dsb) dan hubungannya dengan ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s