Gerak pada tumbuhan

Tumbuhan yang kita kira diam sebnarnya bergerak. Karena geraknya tidak diikuti dengan perpindahan tempat, maka gerak pada tumbuhan disebut gerak pasif. Berikut ini adalah gerak yang terjadi pada tumbuhan.

  1. Higroskopis

Merupakan gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh perubahan kadar air. Gerak ini dapat ditemukan pada:

a. Gerak membuka dan menutupnya sel-sel annulus pada sporangium tumbuhan paku.

b. Gerak membuka dan menutupnya gigi peristom pada sporangium lumut.

c. Pecahnya kulit buah pada tumbuhan polongan.

clip_image003

  1. Esionom

Merupakan gerak pada tumbuhan karena rangsangan dari luar. Terbagi menjadi:

  1. Nasti

Disebabkan karena perubahan turgor akibat rangsangan dari luar. Misalnya sentuhan, kelembaban, cahaya, dan suhu lingkungan.

1) Seismonasti, gerak menutup dan membukanya daun majemuk disebabkan karena getaran atau sentuhan. Contoh: membuka dan menutupnya daun putri malu jika disentuh atau bergetar.

2) Niktinasti, gerak menutup daun polong-polongan karena pengaruh gelap yang menyebabkan perubahan suhu. Perbedaan tekanan turgor dan perubahan susunan kimia pada sel-sel daerah persendian tangkai daun karena perubahan suhu.

3) Termonasti, disebabkan karena pengaruh suhu.

4) Fotonasti, disebabkan karena pengaruh cahaya. Misalnya pada daun Mirabilis jalapa, bunga waru, bunga mentimun, labu, dan semangka.

5) Nasti kompleks, disebabkan karena beberapa faktor yang berpengaruh bersamaan, misalnya cahaya, suhu, air, enzim atau zat kimia. Misalnya pada menutup dan membukanya sel penutup stomata.

b. Tropisme

Gerak bagian tumbuhan yang menjauhi atau mendekati sumber rangsang. Jika arahnya mendekati, disebut tropisme positif, jika mnjauhi disebut tropisme negative. Terdiri atas:

1) Fototropisme atau heliotorpisme, gerak mendekati atau menjauhi rangsang cahaya matahari. Contohnya gerak pertumbuhan tanaman yang selalu mengikuti arah cahaya matahari.

2) Geotropi, gerak yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Misalnya gerak tumbuhnya batang (geotropi negatif), akar nafas (geotropi positif).

3) Tigmotropi, yaitu membeloknya arah pertumbuhan karena batang menyentuh kayu. Contohnya gerak pada tumbuhan Cucurbitaceae pada markisa dan beligo. Jika ujung batang menyentuh kayu di sisi kiri, maka pertumbuhan akan membelok ke sisi kiri, begitu sebaliknya. Jika tidak tersentuh, maka pertumbuhan akan lurus.

4) Hidrotropi, gerak ke arah lingkungan berair, contohnya gerakan akar mencari sumber air.

5) Kemotropi, gerak bagian tumbuhan karena pengaruh bahan kimia. Contohnya gerakan serbuk sari menuju indung telur, akar nafas tumbuhan bakau.

6) Galvanotropi, karena rangsangan listrik. Misalnya gerak pada bakteri yang mendekati setetes air yang dialiri listrik.

c. Taksis

Merupakan gerak bebas seluruh tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi sumber rangsang. Mendekati berarti taksis positif, menjauhi berarti taksis negatif. Terdiri dari:

1) Fototaksis, yaitu gerak bebas tumbuhan karena rangsangan cahaya. Contohnya pada tumbuhan bersel satu (fitoplankton) dan pada spora jamur jenis tertentu.

2) Kemotaksis, yaitu gerak bebas tumbuhan karena rangsangan zat kimia (misalnya oksigen dan sukrosa). Gerak ini dijumpai pada berbagai bakteri yang bersifat aerob dan organisme satu sel lainnya. Contohnya pada gerakan spermatozoid selalu bergerak menuju sel telur karena mengandung sukrosa dan asam malat.

  1. Endonom

Yaitu gerak yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh tumbuhan sendiri. Para pakar belum memastikan penyebab gerak ini. Contohnya gerak pada sitoplasma, gerak kloroplas pada lidah buaya.

2 responses to “Gerak pada tumbuhan

  1. informasi anda sangat berguna tolong dong jawab soal dari saya
    apa sih pengertian kemotropisme positif ?

    • Kemotropisme positif adalah gerak tumbuhan menuju rangsang kimia yang arah geraknya mendekati sumber rangsang tersebut. Contoh kemotropisme positif adalah gerak ujung akar menuju tempat yang mengandung banyak mineral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s