Makanan dan Nutrisi

1. Makanan

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itulah manusia memerlukan bahan makanan yang berasal dari lingkungan di luar tubuhnya. Secara garis besar, makanan memiliki fungsi bagi tubuh antara lain:

a. Sebagai sumber/penghasil energi, terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Kandungan kalori tiap 1 gram karbohidrat adalah 4,1 kalori sedangkan lemak menghasilkan 9,3 kalori. Dalam keadaan tertentu protein juga dapat menghasilkan energi, yaitu sebesar 4,1 kalori.

b. Sebagai pembangun tubuh, yaitu makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penggantiaan sel-sel tubuh yang rusak. Terdiri dari protein dan mineral.

c. Sebagai pelindung, yang berperan menjaga keseimbangan (homeostasis) dan proses metabolisme tubuh.

Makanan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu zat organik dan anorganik. Zat organik adalah makanan yang berupa karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Sedangkan zat anorganik berupa garam mineral dan air.

a. Karbohidrat

image

Unsur penyusun berupa C, H, O. Karbohidrat dibagi menjadi tiga, yaitu monosakarida (glukosa, fruktosa dan galaktosa), disakarida (sukrosa, maltose dan laktosa) serta polisakarida (amilum, selulosa dan glikogen). Sumber karbohidrat antara lain padi, jagung, ubi, sagu, roti, gandum, kentang dan biji-bijian. Fungsi karbohidrat antara lain:

1) Sebagai sumber energi utama (4,1 Kalori/gram)

2) Merupakan pembentuk senyawa kimia lain, misalnya asam lemak sebagai penyusun lemak

3) Merupakan komponen penyususn gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat.

4) Membantu proses berlangsungnya buang air besar karena kandungan selulosanya yang sulit dicerna sehingga mencegah konstipasi (sembelit)

b. Lemak

image

Lemak / lipid tersusun dari unsur C, H, O dan terkadang fosfor serta nitrogen. Berdasarkan kompisisinya, lemak dibedakan menjadi lemak sederhana, lemak campuran, dan derivat lemak. Berdasarkan ikatan kimianya, terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Sumber lemak berasal dari lemak nabati misalnya; kelapa, kemiri, zaitun, tanaman kacang, alpukat, sedang lemak hewani misalnya; keju, lemak daging, mentega, susu, ikan basah, minyak ikan dan telur. Fungsi lemak antara lain:

1) Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah

2) Pelarut vitamin A, D, E, K

3) Sebagai bantalan lemak yang melindungi organ vital manusia.

4) Penghasil kalori tinggi yaitu 9,3 kalori per gram

5) Sebangai salah satu bahan penyusun membran sel.

 

c. Protein

image

Protein tersusun dari senyawa C, H , O, N dan kadang-kadang mengandung unsur P dan S. Komponen dasar penyusun protein adalah asam amino yang terdiri dari 3 macam yaitu :

1) Asam amino esensial, yang harus didatangkan dari luar tubuh karena tubuh manusia tidak dapat mensintesis. Contoh: isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, valin, triptofan

2) Asam amino semi esensial, yang dapat menghemat pemakaian beberapa asam amino esensial. Contoh: arginin , histidin (keduanya ada pada anak-anak), sistin, glisin, serin, tirosin

3) Asam amino non esensial, yang dapat disintesis oleh tubuh manusia. Contoh: alanin, asparagin, asam aspartat, asam glutamat, glutamin, prolin

Bahan makanan yang merupakan sumber protein antara lain: kasein pada susu dan albumin pada putih telur, legumin pada kacang-kacangan, gliadin pada gandum, kelapa dan melinjo.

Fungsi protein bagi tubuh:

1) Pertumbuhan.

2) Untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

3) Bahan baku hormon dan enzim.

4) Sintesis asam amino nonesensial.

5) Sintesis protein untuk mencegah kwashiorkor (busung lapar).

 

d. Vitamin

image

Tubuh manusia tidak dapat membentuk vitamin, sehingga makanan harus mengandung cukup vitamin untuk membentuk metabolisme tubuh serta sebagai katalisator reaksi. Vitamin yang dapat larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin B dan C. Orang yang menderita kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Vitamin memiliki peran penting bagi keseimbangan fungsi tubuh, antara lain:

1) Vitamin A, berperan dalam kesehatan mata karena mengandung zat Beta Karoten. Selain itu, vitamin A juga berfungsi bagi pertumbuhan sel-sel epitel dan sebagai pengatur kepekaan rangsang sinar pada saraf dan mata. Kekuarangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja atau rabun ayam (kesulitan melihat benda ketika menjelang malam). Vitamin A banyak terdapat pada wortel, minyak ikan, susu, mentega, hati, dan sayuran berwarna hijau tua, kuning atau kemerahan.

2) Vitamin B1 (thiamin), berfungsi untuk metabolisme karbohidrat, keseimbangan air dalam tubuh, dan membantu penyerapan zat lemak oleh usus halus. Banyak terdapat pada ragi, kecambah, kuning telur, dan hati. Kekurangan vitamin ini dapat membuat berkurangnya selera makan dan beri-beri.

3) Vitamin B2 (riboflavin), berfungsi dalam pemindahan rangsang sinar ke saraf mata dan enzim dan berfungsi dalam proses oksidasi dalam sel-sel. Vitamin B2 banyak terdapat pada ragi, telur, otak, dan hati. Jika kekurangan vitamin ini, akan berpotensi menimbulkan katarak dan lambatnya pertumbuhan badan.

4) Vitamin B6 (piridoksin), berfungsi dalam pembuatan sel-sel darah, proses pertumbuhan, dan kerja urat saraf.

5) Vitamin B12 (sianokobalamin), berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah anemia. Sumber yang mengandung vitamin B12 antara lain telur, hati, dan daging. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12 adalah kurang darah atau anemia, mudah lelah, lesu, dan penyakit pada kulit.

6) Vitamin C (asam askorbat), berfungsi sebagai koenzim dari reaksi perombakan (katabolisme) di dalam sel, menjaga perlekatan akar gigi pada gusi, menjaga elastisitas kapiler darah, dan berperan dalam pembentukan trombosit (keping darah) untuk penutupan luka. Oleh karena itu, kekurangan vitamin C membuat mudah terjadi sariawan (luka di bibir) dan mengakibatkan skorbut (pendarahan pada gusi, usus dan lapisan bawah kulit). Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan asam, buah segar, hati dan ginjal.

7) Vitamin D (ergosterol), berfungsi mengatur kadar kapur dan fosfor dalam bersama-sama kelenjar anak gondok, memperbesar penyerapan kapur dan fosfor dari usus, serta mempengaruhi kerja kelenjar endokrin. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit Rakhitis atau tulang kaki berbentuk X atau O. Vitamin D banyak terdapat pada minyak ikan, susu, kuning telur, dan ragi.

8) Vitamin E (tokoferol), berfungsi dalam menambah kesuburan seksual, mencegah perdarahan bagi wanita hamil, dan mencegah keguguran atau kemandulan, serta diperlukan pada saat sel sedang membelah. Vitamin ini juga dapat menghaluskan kulit. Vitamin E banyak terdapat pada kecambah, sayuran segar, susu, kuning telur, lemak dan daging.

9) Vitamin K (filokuinon), berfungsi dalam pembentukan protrombin yang berarti penting dalam proses pembekuan darah. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran warna hijau tua. Jika kekurangan vitamin ini, maka akan mengakibatkan sulitnya penutupan luka.

e. Mineral

Mineral diperlukan dalam tubuh dalam jumlah sedikit tetapi sangat berperan penting dalam metabolisme. Secara umum, mineral berfungsi sebagai bagian dari zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan. Mineral terdiri dari:

a) Makroelemen (dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak), misalnya: natrium, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, klor, belerang, flour, dan yodium.

b) Mikroelemen (dibutuhkan dalam jumlah sedikit), misalnya: mangan, kromium, kobalt, molybdenum, seng, dan tembaga.

f. Air

image

Air adalah zat yang paling besar komposisinya dalam menyusun tubuh manusia. Kekurangan unsur air dapat berakibat fatal bagi tubuh. Fungsi penting air dalam tubuh antara lain:

a) Pelarut hampir dalam semua proses metabolisme.

b) Mengangkut zat dari sel ke sel atau ke jaringan lainnya.

c) Menjaga stabilitas tubuh baik melalui alat ekskresi maupun kerja hormon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s