5 Mammalia Terberat di Bumi

 

Mamalia merupakan vertebrata yang memiliki ciri khusus berupa kelenjar susu (Glandula mammae) pada spesies betina sebagai kelenjar penghasil susu. Selain itu, mammalia memiliki rambut hampir di seluruh permukaan tubuhnya. Mammalia tidak semua hidup di darat. beberapa kelompok mammalia hidup di air tawar dan air laut, yaitu kelompok takson  Cetacea seperti lumba-lumba, paus, dan pesut.

1. Paus Biru (Balaenoptera musculus musculus )

Untuk hewan yang hidup di laut, Paus biru didaulat para ahli sebagai spesies terbesar yang masih hidup di bumi. Hewan ini dapat mencapai panjang lebih dari 30 m dengan berat hingga 200 ton. Dunia ilmu pengetahuan mengenal 3 sub-spesies Paus biru berdasarkan daerah sebarannya, yaitu: Balaenoptera musculus musculus yang tersebar di Pasifik Utara dan Atlantik Utara, Balaenoptera musculus intermedia di Laut Selatan sekitar Antartika serta Balaenoptera musculus brevicauda di Samudera India, Pasifik Selatan dan perairan Nusantara terutama di Laut Timor, Laut Sawu dan Laut Banda. Spesies terakhir, memiliki ukuran tubuh paling kecil.

paus_biru

 

2. Gajah Afrika (Loxodonta africana)
Gajah Afrika berukuran lebih besar dari gajah asia termasuk yang terbesar di dunia, dengan berat badan mencapai 6000kg

 

gajah _afrika

3. Gajah Asia ( Elephas maximus)
Gajah Asia  kadang dikenal dengan nama salah satu subspesiesnya, yaitu Gajah India. Mammalia ini adalah  satu dari tiga spesies gajah yang masih hidup, dan merupakan satu-satunya spesies gajah dari genus Elephas yang masih hidup. Bobot gajah dewasa mencapai 4200 kg dengan panjang mencapai 19,5 kaki.

 

4. Badak Putih Bercula Dua (Ceratotherium simum)
Badak Putih (Ceratotherium simum) adalah salah satu dari lima spesies badak yang masih ada dan salah satu dari sedikit spesies megafauna yang tersisa. Binatang ini adalah binatang darat besar yang masih ada di dunia setelah gajah, bersama dengan badak India dan kuda nil. Badak ini diketahui untuk mulut lebarnya yang digunakan untuk makan rumput dan menjadi spesies badak yang paling bersosialisasi. Badak Putih adalah badak paling umum dari semua badak dan memiliki dua subspesies, dengan subspesies utara lebih jarang daripada selatan. Berat tubuhnya dapat mencapai  2300-3800kg.

5. Kuda Nil (Hippopotamus amphibius)

Kuda nil memiliki tubuh yang besar dan berat, serta kulit kelabu gelap. Mereka juga memiliki gading besar yang biasa mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Kuda nil memiriki ciri khas tubuh yang besar, mulut dan gigi yang sangat besar, empat kaki yang pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut.  Meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek, kuda nil mampu berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya. Kuda nil memiliki watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di Afrika.Bobot kudanil dewasa dapat mencapai 2500kg sampai 3400kg.

 

 
sumber:

http://jekethek.blogspot.com/2010/01/inilah-10-hewan-terberat-di-seluruh.html

http://wikipedia

http://www.bluefame.com/topic/473548-paus-biru-hewan-terbesar-yang-pernah-ada/

About these ads

One response to “5 Mammalia Terberat di Bumi

  1. trims artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s