Tanya Jawab Sistem Saraf SMA kelas XI

Berikut ini adalah beberapa contoh soal yang berkaitan dengan materi Sistem koordinasi pada manusia, yaitu sistem saraf.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan mielinasi?

Mielinasi adalah proses pembungkusan sel saraf oleh selubung myelin. Selubung myelin pada saraf tepi dibentuk dari sel Schwan. Sel Schwan membungkus dan mengelilingi akson berkali-kali sehingga terbentuk lapisan konsentris dari membran plasma sel Schwan yang mengelilingi akson. Lilitan tersebut disebut selubung myelin.

2. Jelaskan mekanisme penghantaran impuls menurut teori membran!

Dalam keadaan istirahat, serabut saraf berada dalam keadaan polarisaasi. Permukaan luar membran bermuatan positif, sedangkan permukaan dalam membran bermuatan negatif. Bagian serabut saraf yang dirangsang akan mengalami depolarisasi. Permukaan luar membran menjadi negatif, dan permukaan dalam membran positif. Selanjutnya timbul aliran listrik antara daerah yang mengalami depolarisasai dan daerah yang mengalami polarisasi. Adanya arus listrik tersebut akan menimbulkan depolarisasi daerah di sampingnya. Depolarisasi menjalar sepanjang serabut saraf sehinggqa timbul impuls saraf. Setelah itu, daerah tersebut menjadi refrakter, tidak peka terhadap rangsang lagi.

3. Mengapa otak besar disebut sebagai pusat saraf utama?

Otak besar merupakan pusat saraf utama karena otak besar berperan mengendalikan seluruh aktivitas tubuh. Pernafasan, kesadaran, ingatan, keinginan, kecerdasan, kepribadian, daya cipta, dan daya khayal dikendalikan oleh otak besar. Pada otak besar terdapat daerah asosiasi yang menghubungkan bagian sensorik dan motorik. Setap aktivitas akan dikendalikan oleh bagian-bagian yang berbeda.

4. Jelaskan mengapa penggunaan alkohol dan obat-obat terlarang dapat menimbulkqan gangguan sistem koordinasi tubuh kita?

Penggunaan alkohol dan obat-obat terlarang dapat menimbulkan gangguan sistem koordinasi tubuh karena tubuh menjadi kekurangan dopamin. Kekurangan dopamin akan menyebabkan gangguan sinaps sehingga impuls saraf tidak dapat merambat ke neuron berikutnya. Hal ini mengakibatkan impuls tidak tersampaikan sehingga koordinasi tubuh akan terganggu dan tidak bekerja dengan baik.

5. Saraf manusia dibedakan menjadi saraf pusat dan saraf tepi. Berdasarkan fungsinya, saraf tepi dikelompokkan menjadi dua yaitu saraf somatik dan saraf otonom. Jelaskan perbedaan saraf somatik dan saraf otonon!

Berdasarkan fungsinya, saraf tepi dikelompokkan menjadi dua yaitu saraf somatik (saraf sadar) dan saraf otonom (saraf tidak sadar). Saraf somatik mengatur gerakan yang disadari, misal gerak otot rangka dan anggota gerak. Saraf otonom mengatur gerakan yang tidak disadari, misal gerak otot polos dan otot jantung. Saraf otonom dibedakan menjadi saraf simpatik dan parasimpatik. Saraf simpatik dan parasimpatik bekerja pada efektor yang sama, namun sifat kerjanya berlawanan.

6. Jelaskan bagaimana zat yangbersifatbau dapat tercium oleh indera penciuman?

Zat yang bersifat bau merupakan zat volatile. Zat tersebut mudah menguap menjadi gas. Uap atau gas dapat mencapai reseptor bau karena masuk bersama udara perafasan saat kita menghirup nafas. Uap zat tersebut larut dalam lendir pada selaput lendir hdung sehingga terjadi pengikatan zat tersebut  dengan protein membran pada dendrit sel pembau. Kemudia timbul impuls. Impuls dihantarkan dari saraf olfaktori  ke traktus olfaktorius dan menuju ke tak. Otak mengolah pesan tersebut sehingga kita dapat mencium bau tersebut

7. Amatilah lidah teman kalian. Perhatikan permukaan lidah tersebut. Terdapat bintil-bintil dengan bentuk berbeda dan pola persebaran tertentu. Apakah bintil-bintil  tersebut? Apa fungsinya? Jelaskan perbedaan bintil-bintil tersebut berdasarkan bentuknya!

Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil betuk yang berbeda dan pola persebaran tertentu. Bintil-bintil tersebut adalah papilla. Papilla berfungsi sebagai pegecap. Dalam satu papilla terdapat banyak tunas pengecap yang peka terhadap rasa. Berdasarkan bentuknya, papilla dibedakan menjadi tiga macam yaitu papilla filiformis, papilla fungiforms, dan papilla sirkumvalata. Papilla filiformis berbentuk seperti benang, banyak terdapat pada bagian depan lidah. Papilla fungiformis berbentuk tonjolan seperti kepala jamur. Papilla ini banyak terdapat pada bagian depan dan sisi lidah. Sedangkan papilla sirkum valata berbentuk bulat dan tersusun seperti hruf V terbalik di belakang lidah.

8.Jelaskan struktur pada lidah yang berfungsi sebagai pengecap!

Lidah memiliki papilla yang berfungsi sebagai pengecap. Dalam satu papilla terdapat banyak tunas pengecap. Setiap tunas pengecap terdiri dari dua jenis sel yaitu sel penyokong dan sel pengecap. Sel penyokong berfungsi sebangai penopang papilla, sedangkan sel pengecap memiliki tonjolan seperti rambut yang keluar4 dari tunas pengecap. Sel rambut tersebut berfungsi sebagai reseptor.

9. Jelaskan bagaimana iris mata berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata?

Iris merupakan selaput yang terletak menggantung antara lensa dan kornea. Iris membentuk lubang tengah disebut pupil. Dalam iris terdapat otot-otot pengatur diameter pupil. Otot dilator berfungsi untuk memperbesar diameter pupil, dan otot sfingter untuk memperkecil diameter pupil. Cahaya yang masuk ke mata diatur dengan cara mengatur diameter pupil. Pengaturan tersebut terjadi diluar kesadaran.

10.Pada struktur indera penglihat terdapat bintik buta dan bintik kuning. Jelaskan apa yang dimaksud bintik buta dan bintik kuning?

Bintik buta merupakan daerah yang tidak peka terhadap cahaya. Jika cahaya jatuh pada sklera, kita tidak dapat melihat karena sklera tidak mengandung sel reseptor. Sedangkan bintik kuning merupakan daerah yang paling peka terhadap cahaya. Kita dapat melihat ssuatu benda jika cahaya jatuh teat pada retina, yaitu pada bintik kuning. Bintik kuning adalah suatu lekukan yang terletak tepat pada sumbu penglihatan mata (fovea centralis). Daerah ini paling banyak terdapat sel kerucut.

Ulangan Harian 2

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Jelaskan mengapa hewan buruan yang tertembak bagian tulang belakangnya akan menjadi lumpuh?

Pada tulang belakang terdapat saraf-saraf yang mengendalikan kaki. Jadi jika terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang, akan menyebabkan kelumpuhan pada kaki. Saraf sumsum tulang belakang terdiri dari 8 pasang saraf leher, 12 pasang saraf punggung, 5 pasang saraf pinggang, 5 pasang saraf pinggul, dan 1 pasang saraf ekor. Beberapa saraf ada yang bergabung membentuk jaringan urat saraf (plexus), yaitu plexus cervikalis, plexus branchialis, dan plexus lumbo sakralis. Plexus cervikalis mempengaruhi bagian bahu, leher, dan diafragma. Plexus branchialis merupakann gabungan urat saraf lengan, mempengaruhi tanagn. Plexus lumbo sakralis merupakan gabungan saaraf punggung dan pinggang yang mempengaruhi bagian pinggul dan kaki. Oleh karena itu, kerusakan saraf tulang belakang terutama bagian plexus lumbo sakralis akan menyebabkan kelumpuhan kaki.

2. Kita mencium aroma masakan yang menggugah selera. Kemudian kita mengambil dan memakan makanan tersebut. Jelaskan mekanisme perjalanan impuls dan komponen-komponen sistem koordinasi yang bekerja pada aktivitas tersebut!

Adanya rangsangan berupa aroma makanan yang lezat diterima oleh reseptor tubuh kita, yaitu indera pembau. Kemudian rangsangan yang diterima oleh indera pembau dikirim ke otak oleh saraf sensorik. Otak akan memerintahkan tubuh kita bekerja. Saraf motorik mengirimkan pesan dari otak ke bagian efektor,yaitu alat gerak. Adanya perintah dari otak akan menggerakkan tangan dan mulut kita untuk menyantap makanan tersebut.

3.Jelaskan mengapa tanggapan/reaksi yang terjadi pada gerak refleks lebih cepat dibanding reaksi pada gerak sadar?

Tanggapan yang kita lakukan dalam gerak refleks, misal gerak mengangkat kaki saat terkena duri, akan lebih cepat. Hal ini karena gerak refleks terjadi melalui perjalanan impuls yang pendek. Rangsangan yang diterima oleh reseptor dihantarkan ke saraf pusat. Dalam saraf pusat, impuls tersebut tidak diolah. Tanggapan akan langsung dikirim ke efektor. Oleh karena itu, gerak refleks terjadi dengan cepat karena impuls yang masuk tidak diolah terlebih dahulu oleh saraf pusat, tapi langsung dihantarkan oleh neuron konektor dan tanggapan langsung dikirim ke bagian efektor.

4. Otak dan sumsum tulang belakang terdiri atas substansi pokok yaitu substansi kelabu dan substansi putih. Jelaskan perbedaan substansi pokok dalam otak dan sumsum tulang belakang!

Otak dan sumsum tulang belakang memiliki substansi pokok yang sama yaitu substansi kelabu dan substansi putih. Namun terdapat perbedaan susunan substansi tersebut dalam otak dan sumsum tulang belakang. Substansi kelabu (substasi grisea) merupakan kumpulan badan neuron, sedangkan substasi putih (substansi alba) merupakan kumpulan serabut saraf. Pada otak, substansi kelabu terletak pada bagian luar dan substansi putih terletak pada bagian tengah. Sedangkan pada sumsum tulang belakang, substansi kelabu terletak pada bagian tengah, dan substansi putih terletak pada bagian luar.

5. Jelaskan mengapa saat mencium bau yang tidak enak, kita akan merasa ingin muntah, namun jika mencium bau makanan yang enak akan timbul rasa lapar?

Uap dari zat-zat berbau masuk bersama dara pernafasan sehingga mencapai reseptor bau. Uap terlarut dalamlendir hidung dapat dikenali oleh sel pembau sehingga timbul impuls yangakan dikirim ke otak oleh saraf olfaktori. Dalam otak, pesan tesebut akan diolah dan diberi tanggapan karena adanya hubungan dengan pusat pengatur yang lain. Jika bau yang tercium tidak enak, otak akan terhubung ke pusat muntah. Namun jika bau yang tercium enak, otak akan menghubungkan pesan tersebut ke hipotalamus untuk merangsang sekresi ludah dan menimbulkan rasa lapar.

6. Dilakukan percobaan pengenalan terhadap lima bumbu dapur yang berbada, yaitu bawang merah, bawang putih, kencur, merica bubuk, dan terasi. Percobaan dilakukan dengan tiga pengulangan oleh tiga probandus. Masing-masing probandus ditutup matanya dan diminta mengenali bumbu dapur tersebut dengan indera penciumannya. Apakah tjuan dari percobaan tersebut?apa hipotesisyang dapat kalian susun untuk percobaan tersebut? Beri penjelasan!

Percobaan tersebut bertujuan untuk membuktikan bahwa manusia dapat mengenali  bau yang berbeda-beda dan dapat mengenali beda dari baunya. Hipotesis yang dapat dissun yaitu ketiga probandus tersebut akan dapat membedakan bau dari masing-masing benda dan dapat mengenali benda dari bau yang ditimbulkannya. Saat mereka menghirup bau benda-benda tersebut, uap zat tersebut akn terdeteksi oleh sel pembau dan dikirimkan ke otak. Otak dapat menyimpan memori ayng masuk. Oleh karena itu, kita dapat mengenali suatu banda dari baunya meskipun mata kita tertutup. Dan diduga setiap zat bau hanya merangsang satu jenis reseptor, sehingga otak dapat membedakan barbagai bau.

7. Jelaskan mengapa saat kita mengeluarkan air mata atau menangis, maka hidung kita juga akan mengeluarkan lender?

Saat menangis, kelenjar lakrimaris memproduksi air mata berlebih. Kantung air mata tidak dapat menampung aiar mata yang berlebihan sehingga air mata keluar dari mata dan ada yang mengalir ke saluran nasolakrimaris. Saluran ini menghubungkan mata dengan hidung, sehingga air mata yang berlebih akan keluar sebagai lender melalui lubang hidung.

8. Coba amati warna mata berbagai orang dari berbagi Negara. Ada yang bermata merah, coklat, biru, abu-abu, atau hitam. Jelaskan mengapa warna mata dapat bervariasi?

Warna mata pada seseorang ditentukan oleh warna iris matanya. Iris mata mengandung banyak pembuluh darah dan puigmen. Jumlah pigmen menentukan warna mata. Jika iris tidak mengandung pigmen, mata berwarna merah. Jika iris mengandung sedikit pigmen, mata berwarna biru. Jika pigmen semakin bertambah, maka berturut-turut warna mata adalah abu-abu, cokelat, dan pigemen terbanyak akan menimbulkan warna iris mata hitam.

9.Kita dapat mendengar suatu suara karena adanya gelomnbang suara yang masuk ke telinga dan dihantarkan sampai ke otak. Jelaskan jalannya gelombang suara dalam salkuran pendengaran sehingga kita dapat mendenagr?
Gelombang suara yang datang ditangkap oleh daun telinga dan disalurkan ke saluran telinga luar. Gelombang suara diteruskan ke tulang-tulang pendengaran. Getaran pada tulang sanggurdi menyebabkan tingkap oval dan perilimfe pada skala vestibule bergetar. Getaran perilimfe vestibule melintasi membran vestibularis dan menggetarkan membrane basilaris. Selanjutnya rambut pada sel rambut bergetar terhadap membrane tektoria sehingga timbul impuls. Impuls dihantarkan ke saraf otak VIII, selanjutnya dihantarkan ke korteks otak bagian pendengaran untuk diinterpretasikan sehingga kta dapat mendengar suara tersebut.

Semoga bermanfaat. Salam BIOLOGI SEJATI!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s