JARINGAN PADA TUMBUHAN

 

Tumbuhan yang akan dibahas pada bab ini adalah tumbuhan tingkat tinggi, yang lebih kompleks karena memiliki struktur akar, batang, dan daun sejati serta menghasilkan biji untuk berkembang biak. Secara garis besar, jaringan penyusun tubuh tumbuhan berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa.

  1. Jaringan meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang terus menerus membelah untuk menambah jumlah sel tubuh. Oleh karena itu, jaringan ini dikatakan bersifat embrional. Ciri-ciri sel meristem adalah belum matang (termasuk sel muda).

clip_image002

Gambar Jaringan meristem Primer pada Ujung Batang dan Ujung Akar

Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dibedakan menjadi tiga, yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral.

1) Meristem apikal adalah meristem yang berkembang dari sel embrional. Meristem ini terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang. Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer. Contohnya adalah kuncup ujung batang yang sering kita lihat tumbuh pada tanaman yang masih muda.

2) Meristem interkalar atau meristem tegak adalah meristem yang terletak di antara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminiae). Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat sebelum tumbuhnya bunga.

3) Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan sekunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang. Kambium dimiliki oleh tanaman Dikotil dan Gymnospermae.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s