Organ Tumbuhan: Daun dan Bunga

1. DAUN

clip_image003

Daun merupakan modifikasi dari batang dan merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil sehingga kegiatan fotosintesis paling banyak berlangsung di daun. Anatomi daun dapat dibagi menjadi 3 bagian:

  1. Epidermis

Epidermis merupakan lapisan terluar daun. Daun memiliki dua sisi (atas dan bawah), maka epidermis pada daun terdapat di atas dan di bawah. Untuk mencegah penguapan yang terlalu besar, lapisan epidermis dilapisi oleh lapisan lilin yang disebut kutikula. Pada epidermis terdapat stomata atau mulut daun. Stoma berguna untuk tempat berlangsungnya pertukaran udara dari dan ke luar tubuh tumbuhan.

  1. Parenkim atau Mesofil

Parenkim daun terdiri dari 2 lapisan sel, yakni palisade (jaringan tiang) dan jaringan bunga karang (spons), keduanya mengandung kloroplas. Jaringan pagar memiliki sel-sel yang rapat, sedangkan jaringan bunga karang sel-selnya agak renggang dan terdapat ruang-ruang antarsel. Kegiatan fotosintesis lebih aktif pada jaringan pagar karena kloroplasnya lebih banyak daripada jaringan bunga karang.

  1. Jaringan Pembuluh

Jaringan pembuluh daun merupakan lanjutan dari jaringan batang, terdapat di dalam tulang daun dan urat-urat daun.

  1. Bunga

Bunga merupakan organ penting bagi tumbuhan. Pada bunga, terdapat bagian penghasil serbuk sari dan bakal biji. Penghasil serbuk sari adalah benang sari, sedangkan bakal biji terdapat pada putik. Alat reproduksi jantan pada tumbuhan berupa benang sari. Coba amatilah sebuah bunga, misalnya bunga sepatu, maka kamu akan menemukan bahwa pada ujung benang sari akan menghasilkan serbuk sari.

clip_image005

Alat reproduksi betina pada tumbuhan dihasilkan pada bagian yang disebut putik. Pada umumnya, pada dasar putik terdapat bakal buah. Serbuk sari yang jatuh dan cocok di kepala putik tumbuhan, akan mengeluarkan sel sperma dan selanjutnya akan membuahi sel telur yang tersimpan di dalam bakal biji. Terjadilah proses pembuahan atau fertilsasi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s